Skip to main content

MANUSIA GAGAL - Antara Aku, Kerbau dan Kamu

Dulu...
Kamu pernah berkata menyesal
Semua kekacauan ini terjadi
Semua karena ulahmu

Lalu bertanya ...
Mengapa orang jahat
Tidak cepat mati?

Lalu bertanya ...
Apakah manusia sudah ditakdirkan
Menjadi bodoh dan miskin?

Dan aku selalu jawab ...
Dengan semua yang aku tahu
Dengan semua yang aku alami
Dengan menunjukkan semua bukti

Lalu kamu bertanya lagi ...
Mengapa semua orang
Penuh caci maki ke kamu?

Aku selalu berkata ...
Bertindaklah!
Tunjukkan!
Kamu layak tidak dicaci maki

Sering kali ...
Kamu berkata
Ingin mencari suatu pekerjaan
Yang tidak perlu berpikir

Dan aku selalu berkata ...
Hidup itu harus berjuang
Berpikir itu termasuk berjuang

Dan aku pernah berkata...
Gembala kerbau pun berpikir
Ketika sang kerbau sakit
Kecuali kamu sebagai kerbaunya

Dan aku pernah berkata ...
Ketika kamu memutuskan menikah
Kamu harus bertanggung jawab
Terhadap keluarga kecilmu.

Kecuali lagi...

Kamu menikah dengan ...
Seekor kerbau lagi

Dan aku selalu berkata ...
Kalau kamu tidak mau berjuang
Jangan berjuang buat kamu
Apalagi buat aku

Dan aku selalu berkata ...
Berjuang demi anakmu!
Buat anakmu bangga
Punya ayah seperti kamu.

Dan aku selalu berkata ...
Kalau pun kamu sukses
Terima kasihlah pada Tuhanmu

Jangan kepada aku!
Aku bukan peserta pilkada
yang butuh banyak popularitas

Sekarang ...
Jalan baru sudah dibentang ...

Hasilnya ...

Kamu minggat lagi

Lha  ?#&;?*@!

Alasannya apa????

Kamu merasa menjadi pahlawan
Yang rela berkorban apa pun
Daripada membuat semuanya runyam.

....

< Hening >

....

< Speechless >

....

Ketika seorang ayah bekerja
Kamu anggap membuat runyam.

Aku sadar bahwa kamu
Memang bukan orang tekun
Apalagi orang yang bodoh

Tapi gabungan manusia licik
Dan juga pemalas

Aku bukan ahli ayat seperti kamu
Yang selalu mengutip ayat
Yang menjadi bahan pembenar
Semua tindakan-tindakan konyolmu.

Meski ketika aku bertanya
Kamu lebih sering menjawab
Itu adalah rahasia Tuhan
Hanya Tuhan yang tahu

Aku merasa ...
Itu bukan sebuah jawaban
Tapi sebuah pengelakanmu
Timbul karena sifat licikmu

Aku memang bukan seperti kamu
Yang merasa sebagai Tuhan
Yang menentukan masuk surga
Yang menentukan masuk neraka

Tapi ...

Aku yakin
Tuhan tidak mudah tertipu
Dengan semua omonganmu
Dengan semua penyakitmu
Dengan semua alasanmu

Akhirnya...
Aku perlu mengulang pesan
Pesan yang selalu aku katakan
Tentang hidupmu

Jangan pernah bertanya Tuhan
Jangan pernah juga menyalahkan Tuhan
Kamu sedang mengutuk dirimu sendiri
Untuk menjadi manusia gagal

Baca lagi semua ayatmu
Cari yang sesuai hati nuranimu
Bukan pembenar tindakan konyolmu

O ya ...

Mungkin kamu bukan minggat
Seperti sebuah lakon film
Yang pernah kamu mainkan
Sukses menipu banyak orang

Tapi ...

Kalo minggat ...
HP-nya dikembalikan dong
Apa maling HP bisa masuk surga?

Comments

Popular posts from this blog

Daftar Stasiun Kereta Api - Jalur Utara

Kalo di artikel sebelumnya kita bicara soal jalur selatan Kereta Api di Jawa, kali ini kita akan membahas mengenai jalur utara. Di jalur utara ini melintas kereta Argo Bromo Anggrek. Kereta ini dikenal sebagai raja di antara semua kereta api yang ada di Indonesia. Disebut raja karena ketika kereta api ini lewat, baik dari berlawanan arah atau arah yang sama, semua kereta akan berhenti untuk memberinya kesempatan berjalan terlebih dahulu. Mau tahu lintasan yang dilaluinya? Berikut ini disajikan nama-nama stasiun yang dilewati Kereta Api jika Anda bepergian menggunakan jalur utara (dari Gambir sampai dengan Surabaya Pasar Turi). Stasiun yang dicetak dengan huruf besar termasuk kategori staiun besar. GAMBIR Gondangdia Cikini Manggarai JATINEGARA Cipinang Klender Klender Baru Cakung Rawa Bebek Kranji BEKASI Tambun Cibitung Cikarang Lemah Abang Tanjung Baru Kedung Gedeh KERAWANG Klari Kosambi Dawuan CIKAMPEK Tanjung Rasa Pabuaran Pringkasep Pasir Bungur Cikaum Pagaden Baru Cipunegara Haurg

Daftar Stasiun Kereta Api - Jalur Selatan

Kita mungkin kenal dengan Jakarta, Cirebon, Purwokerto, Yogyakarta, Solo, Madiun, Surabaya. Ya, semua itu adalah nama kota di Jawa. Tapi tahukah Kaliwedi, Butuh, Luwung Gajah, Kemiri, Bagor? Saya yakin tidak semua orang mengenalnya. Jika Anda sering bepergian dengan Kereta Api melewati jalur selatan maka Anda akan menemukan stasiun dengan nama di atas. Dengan mengetahui perkiraan letaknya maka Anda bisa mengetahui posisi Anda sedang berada di dekat kota mana. Berikut ini disajikan nama-nama stasiun yang dilewati Kereta Api jika Anda bepergian melalui jalur selatan (dari Pasar Senen sampai dengan Surabaya Gubeng). Stasiun yang dicetak tebak terbasuk kategori stasiun besar. Tut tut tut ... PASAR SENEN Gangsentiong Kramat Pondok Jati JATINEGARA Cipinang Klender Buaran Klender Baru Cakung Rawabebek Kranji BEKASI Bekasi Timur Tambun Cibitung Telaga Murni Cikarang Lemahabang Kedunggedeh KERAWANG Klari Kosambi Dawuan CIKAMPEK Tanjung Rasa Pabuaran Pringkasap Pasirbungur Cikaum Pagaden B

Nyanyian Rindu Untuk Ibu - Ebiet G Ade

Tubuhmu yang terbungkuk tersandar lemah di kursi kayu tua jemari kurus terkulai menggenggam pena engkau goresan sajak sisa rambutmu perak tinggal sengeggam terbaca pahit kerasnya perjalanan nampakanya ingin kau tumpahkan seluruhnya di dalam puisi Dari alis matamu terbentuk garis guratan kokoh jiwa angin yang deras menghempas tak kau hiraukan batinmu kuat bertahan meskipun raga semakin rapuh tak pernah risau selalu tersimpul senyum sepantasnya kujadikan suri teladan potret perjuangan Oh-oh, ibu, ada yang ingin kutanyakan padamu hasil panen kemarin sesubur panenan yang kita petik bersama Oh-oh, ibu, apa kabar sawah kita sepetak masih bisakah kita tanami atau terendam ditelan zaman Setelah cucumu lahir aku lebih faham betapa beratnya membesarkan dan setia melindungi semua anak-anakmu kita yang selalu hidup sederhana kau sanggup mengasuh hingga kami dewasa dengarkankah nyanyian yang aku peruntukkan buatmu ibu....