Skip to main content

Kritik ⁠⁠⁠⁠⁠Eros Djarot untuk 'Saya Pancasila'

Tagline 'Saya Pancasila, Saya Indonesia' menggema pada peringatan Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni lalu. Ada kritik terselip dari penggunaan frasa tersebut.

Kritik itu dilontarkan oleh tokoh budayawan dan juga politikus, Eros Djarot. Eros menyoroti mengenai penyamaan kata 'Saya' dan 'Pancasila' yang menurutnya tidak tepat.

"Ketika Pancasila dilembagakan pada diri orang per orang, maka kedudukannya sebagai ideologi-dasar negara dan pendangan hidup bangsa menjadi tereduksi sampai ke titik nadir," kata Eros dalam pernyataanya, Minggu (4/6/2017).

Menurut Eros, Pancasila tak bisa disamakan begitu saja dengan orang per orang. Dia memberi contoh, orang yang mendeklarasikan 'saya Pancasila' bisa saja suatu waktu memiliki masalah dengan hukum. Pancasila sebagai ideologi negara tentu saja tidak boleh terseret-seret.

"Bayangkan ketika si A yg kebetulan seorang pejabat negara yg dengan gagah menepuk dada dan lantang menyatakan secara publik saya Pancasil dan.. beberapa bulan atau tahun kemudian berurusan dengan KPK apa kata dunia?

Heh lihat itu si Pancasila korupsi! Atau masyarakat biasa yang mengatakan dirinya Pancasila, kemudian melakukan tindakan kriminil? Dan juga ketika para seleb yg menyatakan dirinya Pancasila terlibat narkoba atau skandal susila?," ujar Eros.

Berikut pernyataan lengkap Eros Djarot:

PANCASILA PANDANGAN HIDUP BANGSA,
PANCASILA BUKAN SAYA!

Saya Pancasilais...saya bukan PANCASILA...saya erros djarot..!

Semula pernyataan ini akan saya unggah jelang tengah malam memasuki tanggal 1 Juni. Entah mengapa, saya lebih memilih menahan diri dan memutuskan untuk menundanya agar suasana semarak penuh eforia yg menggembirakan ini...tidak terusik dan mulus serta indah berjalan...!

Saya tunda mengunggah tulisan ini sampai waktu berbuka puasa tgl 3 juni 2017 terlalui. Karena tgl 3 siang hingga sore hari.. anak saya Banyu Biru, sejak jelang satu Juni telah super heboh mempersiapkan perhelatan Perayaan lahirnya Pancasila dengan tag line...'Aku Pancasila' di Citos bersama kawan2 nya membantu Om Triawan dari Bekraf.

Sebagai seorang bapak saya wajib menghargai gairah dan semangat sang anak dan kawan2nya yg begitu tulus polos dan murni..ingin memuliakan Pancasila!

Nah..sekarang perhelatan sdh berlalu..dan tdk mungkin saya terus menerus menunda tulisan ini sebagai bentuk tanggungjawab moral intelektual yg wajib saya jalankan.

Benar.. saya adalah pendukung presiden Jokowi...sampai sekarang!. Tapi justru karena saya pendukungnya maka melontarkan kritik kepada dirinya merupakan keharusan seorang kawan dalam kategori ..'genuine friend'.

Nah mengapa urusan kalimat atau pernyataan yg berbunyi...,,Saya Jokowi dan saya Pancasila.." cukup membuat saya tak nyaman mendengar dan menerima...walau mayoritas massa rakyat sampai para pejabat tinggi negara, ber-ramai2 menirukan ucapan pak presiden...,,Saya Fulan..saya Indonesia dan saya Pancasila..."

Bisa jadi pengungkapan..Saya Pancasila...ditujukan pada generasi milenial karena memang terdengar keren dan lebih keching bagi mereka.

Pada sisi ini, sungguh gagasan ini sebuah desain kampanye yg brillian! Hanya sayangnya... tag line ini bukan sekedar penggunaan sesaat! Tag line ini melekat pada sebuah lagu yg syairnya ditulis pak Jokowo sendiri..!

Andai saja lagu itu syairnya ditulis oleh Melly Guslow...mungkin saya tidak terlalu resah. Tapi karena yg menulis bpk presiden..masalahpun jadi lain!

Bayangkan ketika si A yg kebetulan seorang pejabat negara yg dengan gagah menepuk dada dan lantang menyatakan secara publik...,,saya Pancasila..!" dan.. beberapa bulan atau tahun kemudian berurusan dengan KPK...apa kata dunia???

Heh...lihat itu si Pancasila korupsi! Atau masyarakat biasa yg mengatakan dirinya Pancasila, kemudian melakukan tindakan kriminil???! Dan juga ketika para seleb yg menyatakan dirinya Pancasila terlibat narkoba atau skandal susila???

Pasalnya, ketika Pancasila dilembagakan pada diri orang per orang, maka kedudukannya sebagai ideologi-dasar negara dan pendangan hidup bangsa menjadi tereduksi sampai ke titik nadir!

Bisa jadi ada yg menganggap kekhawatiran saya ini berlebihan. Tapi menurut saya, seorang presiden hrs mengajarkan hal yg benar pada rakyatnya. Setidaknya jangan rakyat menjadi tidak tahu mana Obyek Subyek dan mana Predikat! Mana ilustrasi dan permukaan dan mana yg substansi ?! Jangan terbalik-balik..!

Jgn sampai jadi salah kaprah seperti yg terjadi pada penggunaan istilah 4 Pilar Kebangsaan. Coba renungkan...kalau salah satu pilar kebangsaan adalah Pancasila.. lalu DASARnya apa?

Nah sampai hari ini kekeliruan ini tetap dipertahankan... Bayangkan kelak bila generasi tahun 2030 yg menganggap Pancasila hanya salah satu pilar, heboh mencari dasar baru..mengganti Pancasila yg seharusnya menjadi dasar..semata karena dipahami hanya sebagai Pilar!!!

Herannya mengapa pembiaran ini secara berjamaah dipertahankan?

Usut punya usut hanya karena pencetus terminologi ini adalah seorang tokoh nasional yg saat itu menduduki jabatan penting,ketua MPR, dan petinggi partai besar berwibawa... Akibatnya semua diam dan mengamini...sampai sekarang! Sekalipun Mahkamah Konstitusi sudah menolaknya!

Nah..apa mau dilema pemahaman ini berulang kembali...SAYA PANCASILA??????
Bener dan pener kah ini?
Kalau toh mayoritas mengamini... ijinkan saya memilih jalan yang sunyi dengan mengatakan...

Saya Pancasilais..saya BUKAN PANCASILA...saya erros djarot..!

Dengan keyakinan... seluruh pembenaran dan ketidak-benaran waktu hidupnya dipastikan sangat terbatas!
Sebaliknya, sampai kapan dan selama apa pun kebenaran dikubur, suatu hari ia akan bangkit dan mewujud!

Maafkan bila ada yg merasa tidak nyaman dengan pendapat saya ini.
Tapi bagi mereka yg bersetuju..salamku dan tetaplah berpikir merdeka!

Pancasila I 💕you...!

Salam hangat,

erros djarot

Comments

Popular posts from this blog

Daftar Stasiun Kereta Api - Jalur Utara

Kalo di artikel sebelumnya kita bicara soal jalur selatan Kereta Api di Jawa, kali ini kita akan membahas mengenai jalur utara. Di jalur utara ini melintas kereta Argo Bromo Anggrek. Kereta ini dikenal sebagai raja di antara semua kereta api yang ada di Indonesia. Disebut raja karena ketika kereta api ini lewat, baik dari berlawanan arah atau arah yang sama, semua kereta akan berhenti untuk memberinya kesempatan berjalan terlebih dahulu. Mau tahu lintasan yang dilaluinya? Berikut ini disajikan nama-nama stasiun yang dilewati Kereta Api jika Anda bepergian menggunakan jalur utara (dari Gambir sampai dengan Surabaya Pasar Turi). Stasiun yang dicetak dengan huruf besar termasuk kategori staiun besar. GAMBIR Gondangdia Cikini Manggarai JATINEGARA Cipinang Klender Klender Baru Cakung Rawa Bebek Kranji BEKASI Tambun Cibitung Cikarang Lemah Abang Tanjung Baru Kedung Gedeh KERAWANG Klari Kosambi Dawuan CIKAMPEK Tanjung Rasa Pabuaran Pringkasep Pasir Bungur Cikaum Pagaden Baru Cipunegara Haurg

Daftar Stasiun Kereta Api - Jalur Selatan

Kita mungkin kenal dengan Jakarta, Cirebon, Purwokerto, Yogyakarta, Solo, Madiun, Surabaya. Ya, semua itu adalah nama kota di Jawa. Tapi tahukah Kaliwedi, Butuh, Luwung Gajah, Kemiri, Bagor? Saya yakin tidak semua orang mengenalnya. Jika Anda sering bepergian dengan Kereta Api melewati jalur selatan maka Anda akan menemukan stasiun dengan nama di atas. Dengan mengetahui perkiraan letaknya maka Anda bisa mengetahui posisi Anda sedang berada di dekat kota mana. Berikut ini disajikan nama-nama stasiun yang dilewati Kereta Api jika Anda bepergian melalui jalur selatan (dari Pasar Senen sampai dengan Surabaya Gubeng). Stasiun yang dicetak tebak terbasuk kategori stasiun besar. Tut tut tut ... PASAR SENEN Gangsentiong Kramat Pondok Jati JATINEGARA Cipinang Klender Buaran Klender Baru Cakung Rawabebek Kranji BEKASI Bekasi Timur Tambun Cibitung Telaga Murni Cikarang Lemahabang Kedunggedeh KERAWANG Klari Kosambi Dawuan CIKAMPEK Tanjung Rasa Pabuaran Pringkasap Pasirbungur Cikaum Pagaden B

Nyanyian Rindu Untuk Ibu - Ebiet G Ade

Tubuhmu yang terbungkuk tersandar lemah di kursi kayu tua jemari kurus terkulai menggenggam pena engkau goresan sajak sisa rambutmu perak tinggal sengeggam terbaca pahit kerasnya perjalanan nampakanya ingin kau tumpahkan seluruhnya di dalam puisi Dari alis matamu terbentuk garis guratan kokoh jiwa angin yang deras menghempas tak kau hiraukan batinmu kuat bertahan meskipun raga semakin rapuh tak pernah risau selalu tersimpul senyum sepantasnya kujadikan suri teladan potret perjuangan Oh-oh, ibu, ada yang ingin kutanyakan padamu hasil panen kemarin sesubur panenan yang kita petik bersama Oh-oh, ibu, apa kabar sawah kita sepetak masih bisakah kita tanami atau terendam ditelan zaman Setelah cucumu lahir aku lebih faham betapa beratnya membesarkan dan setia melindungi semua anak-anakmu kita yang selalu hidup sederhana kau sanggup mengasuh hingga kami dewasa dengarkankah nyanyian yang aku peruntukkan buatmu ibu....